14 Agustus? Menjadi Hari Pramuka Di Indonesia

 

pramuka_20180814_064832

Tanggal 14 Agustus tiap-tiap tahunnya dirayakan menjadi Hari Pramuka Indonesia. Di tahun ini, Pramuka Indonesia berumur 57 tahun.

Sebelumnya tanggal 14 Agustus diputuskan menjadi Hari pramuka bersamaan dengan dianugerahkannya Panji Pergerakan Pramuka oleh Presiden Republik Indonesia melalui Ketetapan Presiden Republik Indonesia Nomer 448 Tahun 1961.

Akan tetapi waktu itu, pergerakan Pramuka belumlah punyai ikon. Mencuplik web sah Pramuka Indonesia, tanggal 20 Mei 1961, ikon tunas kelapa jadi ikon sah Pramuka lewat ketetapan Republik Indonesia Nomer 238 tahun 1961.

Peristiwa Pramuka Dunia

Pergerakan kepanduan Pramuka sebelumnya di kembangkan oleh Lord Baden Powell. Powell sebelumnya bikin sebuah pergerakan buat membina kelompok muda Inggris yg ikut serta dalam beberapa aksi kekerasan serta kejahatan pada 1907.

Pergerakan scouting ini dikerjakan pada 21 orang lewat cara mendalam melalui langkah berkemah di pulau Brownsea. Perkembahan ini dikerjakan sepanjang delapan hari. Sebenarnya, usaha Powell ini memberikan hasil yg berarti. Ia lantas tuliskan dalam buku berjudul Scouting for Boy.

pramuka-2

Pengalaman scouting ini didapat Powell dari pengalaman waktu kecil bersama-sama kakaknya. Latihan itu berwujud berenang, berlayar, olah-raga, hingga sampai berkemah. Ia ikut masuk dalam militer Inggris serta memperoleh beberapa kegunaan kedisiplinan.

Buku ini lantas menimbulkan inspirasi beberapa orang buat dirikan pergerakan Pramuka dalam dunia. Tahun 1918 ia lantas dirikan organisasi yg dimaksud Rover Scout serta beranggotakan remaja.

Minat yg besar pada buku serta pergerakan kepramukaan yg dibentuknya ini dikukuhkan dengan diadakannya jambore dunia kali pertamanya di London pada 30 Juli-8 Agustus 1920.

Arena itu dikunjungi oleh 8.000 anggota pramuka dari 34 negara. Disana, Powell lantas dinobatkan menjadi bapak pramuka dunia.

Peristiwa Pramuka Indonesia

Organisasi kepanduan ikut berkembang di Indonesia. Waktu itu namanya belum pula Pramuka tapi Nederland Indische Padvinders Vereeniging atau NIPV atau Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda.

Mencuplik beberapa sumber, organisasi ini dipandang dapat mendukung membuat ciri-ciri seorang. Beraneka organisasi kepanduan beda lantas masuk, tahun 1930 dibuat Pandu Pemuda Sumatera, 1931 tercipta Persatuan Antar Pandu Indonesia.

Walau dibuat di saat penjajahan Belanda, akan tetapi organisasi ini dipandang berguna untuk rakyat Indonesia. Di saat sehabis kemerdekaan, Organisasi pandu Rakyat Indonesia tahun 28 Desember 1945 ini dibuat di Solo, Jawa Tengah.

089900800_1534214958-087792400_1471226502-Sejarah-Singkat-Kepramukaan-di-Indonesia

Bapak Pramuka Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Ia menjabat menjadi keutua Kwartir Nasional (Kwarnas) pertama semenjak Pramuka sah dibuat.

Arti Pramuka sendiri diambil Sultan dari arti poromuko yg bermakna pasukan yg berdiri sangat depan dalam peperangan.

Perubahan kepanduan lantas kian berkembang. Tahun 1961 ada kira-kira 100 organisasi kepanduan yg tercipta. Akan tetapi organisasi ini baru dikenalkan lewat cara sah menjadi Pergerakan Pramuka pada penduduk Indonesia pada 14 Agustus 1961.

Jambore nasional Indonesia lantas kali pertama dikerjakan di Situ Baru, Jakarta pada 1973.

Artikel Terkait : AYU INGAT SUMPAH PEMUDA UNTUK KEMAJUAN BANGSA INI

Leave a comment